RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : Sekolah Dasar
Kelas / Semester : I / 2
Tema : 5 (Pengalamanku)
Sub Tema : 1 (Pengalaman Masa Kecil)
Pembelajaran : 2 (Dua)
Hari /
Tanggal : Senin / 25 Agustus
2014
Alokasi waktu :
1 Hari (5 x
35 Menit)
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menerima dan menjalankan agama yang
dianutnya
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
Bahasa Indonesia
1.1 Menyampaikan
teks cerita diri atau personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
Indikator
1.1.1
Menceritakan
secara lisan mengenai peristiwa masa kecil yang telah disampaikan oleh orang
tua atau melalui foto
1.1.2
Bercerita
dengan runtun dan menggunakan bahasa indonesia yang baik
1.1.3
Menyampaikan pendapat tentang
cerita temannya dengan bahasa yang santun
PPKn
4.1
Mengamati
dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan
pengenalannya terhadap salah satu simbol sila Pancasila
Indikator
4.1.1
Menentukan
simbol bintang sebagai lambang dari sila pertama Pancasila
4.1.2
Menjelaskan
perilaku di sekitar rumah yang sesuai dengan sila pertama Pancasila
4.1.3
Menjelaskan
perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila pertama Pancasila
Matematika
3.1
Mengenal
bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar
rumah, sekolah atau tempat bermain
Indikator
1.2.1
Menentukan
banyaknya benda yang ada di sekitar sekolah
1.2.2
Menuliskan
lambang bilangan sesuai banyaknya benda dengan tepat
1.2.3
Membilang
benda sebanyak 11 – 30 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Dengan mengamati foto
masa kecilnya, siswa dapat menceritakan peristiwa masa kecilnya dengan santun.
2.
Dengan tanya jawab, siswa
dapat menceritakan berbagai peristiwa yang dialami menggunakan bahasa Indonesia
yang baik dengan percaya diri.
3. Dengan
tanya jawab, siswa dapat menyampaikan pendapat tentang cerita temannya dengan
bahasa yang santun.
4. Dengan
mengamati simbol Pancasila, siswa dapat menentukan simbol bintang sebagai
simbol sila pertama dengan tepat.
5.
Dengan tanya jawab,
siswa dapat menjelaskan perilaku di sekitar rumah sesuai dengan sila pertama Pancasila
dengan benar.
6.
Dengan tanya jawab,
siswa dapat menjelaskan perilaku di sekitar sekolah sesuai dengan sila pertama
Pancasila dengan benar.
7.
Dengan tanya jawab, siswa
dapat menentukan benda sebanyak 11-30 dengan benar.
8.
Dengan tanya jawab,
siswa dapat menuliskan lambang bilangan 11-30 dengan tepat.
9.
Dengan tanya jawab, siswa
dapat mengurutkan bilangan 11-30 dengan tepat.
D.
Materi
dan Uraian Materi
Bahasa Indonesia, PPKn,
dan Matematika
Uraian Materi
(Terlampir)
E. Pendekatan, Strategi dan Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Scientific (Mengamati,menanya, mencoba,
menalar, dan
mengkomunikasikan)
Strategi : Colaboratif Learning tipe Buzz
Group
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
F. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Mengajaksemuasiswaberdo’amenurut
agama dankeyakinanmasing-masing
2. Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa
3. Mengajak berdinamika
dengan mengangkat tangan ke atas, ke bawah, dan ke samping
4. Mengajak semua siswa untuk menyanyikan lagu “Bunda
Piara”
5. Melakukan tanya jawab
tentang pentingnya saling mengucap
salam
6. Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Pengalaman Masa
Kecil”
|
15Menit
|
Inti
|
Langkah-langkah
kegiatan bagian satu:
1. Siswa
diminta untuk mengumpulkan foto masa kecil yang telah dibawa dari rumah.
2. Jika
ada yang tidak punya foto, maka diminta untuk menceritakan cerita masa kecil
seperti yang telah disampaikan oleh orang tuanya.
3. Siswa
bermain tebak gambar masa kecil.
4. Siswa
diperlihatkan foto mereka secara acak dan meminta siswa menebak foto siapakah
tersebut.
5. Siswa
yang fotonya dapat ditebak, diminta maju ke depan untuk menceritakan foto
tersebut.
6. Siswa
mengajukan pertanyaan tentang foto atau cerita masa kecil.
7. Siswa
yang telah mendengarkan diberi kesempatan untuk mengajukan pendapat mengenai
cerita temannya.
8. Demikian
seterusnya sampai seluruh siswa memperoleh giliran untuk tampil bercerita.
9. Setelah
semua siswa bercerita, ajak siswa untuk selalu mensyukuri berbagai peristiwa
yang telah dialami baik menyenangkan maupun kurang menyenangkan. Setiap
peristiwa yang kita alami adalah kasih sayang Tuhan terhadap manusia.
10. Siswa
menunjukkan simbol Pancasila sebagai penerapan ajaran Ketuhanan Yang Maha
Esa.
Langkah-langkah kegiatan
bagian dua:
1.
Guru melakukan tanya
jawab pada siswa tentang makanan atau mainan yang mereka sukai waktu kecil.
2.
Siswa menyebutkan
makanan atau mainan yang mereka sukai saat masih kecil.
3.
Guru menunjukkan tiga
buah kantung yang masing-masing berisi bola plastik, permen, dan stik es
krim.
4.
Guru membagi siswa ke
dalam beberapa kelompok.
5.
Siswa duduk bersama
kelompok.
6.
Guru meminta
perwakilan dari kelompok ke depan mengambil kantung plastik yang berisi bola,
permen, dan stik eskrim.
7.
Siswa diminta
menghitung banyaknya isi masing-masing kantung plastik bersama kelompok
mereka.
4.
Siswa bekerja sama
menghitung isi kantung plastik yang mereka dapatkan.
5.
Siswa yang lebih
pandai diminta untuk membantu temannya dalam berhitung.
6.
Siswa diminta
mencatat banyaknya isi mainan dalam kantung plastik mereka.
7.
Guru meminta
perwakilan dari kelompok maju ke depan untuk menghitung satupersatu mainan
dalam kantung plastik.
8.
Setelah itu siswa
menuliskan lambang bilangannya di papan tulis.
9.
Begitu seterusnya
hingga semua kelompok mendapat giliran.
10. Siswa
membuat kesimpulan dari hasil kerja tiap kelompok yang tertulis di papan
tulis.
11. Setelah
itu siswa pindah ke tempat duduk masing-masing seperti semula.
12. Guru
melakukan tanya jawab jika masih ada siswa yang kurang mengerti.
13. Guru
membagikan LKS berupa gambar bentuk-bentuk kue.
14. Siswa
mengerjakan LKS secara individu dalam waktu yang telah ditentukan.
15. Guru
mengumpulkan LKS.
|
135 Menit
|
|
Penilaian proses:
1.
Guru berkeliling mengamati siswa
saat mengerjakan tugas.
2.
Menilai kerjasama, tanggung jawab, kedisiplinan,
dan keaktifan siswa saat
menyelesaikan tugas yang diberikan guru
3.
Menilai dengan lembar pengamatan perilaku
4.
Guru mengamati cara siswa dalam bercerita
5.
Memberi kesempatan siswa lain untuk mendengarkan dan memberikan pendapatnya
6.
Guru dan siswa bersama-sama siswa membuat kesimpulan tentang “pengalaman
masa kecil ”
|
|
Penutup
|
1.
Siswa diajak untuk
merumuskan simpulan materi
pembelajaran selama satu
hari
2.
Bertanyajawabtentangmateri
yang telahdipelajari (untukmengetahuihasilketercapaianmateri)
3.
Guru memberikan
nasehat yang berkaitan dengan pelajaran.
a.
Jangan pernah lupa
dengan jasa ayah bunda yang telah membesarkan dengan penuh kasih sayang
b.
Jadilah anak yang
berbakti/ tidak melawan apada orang tua
c.
Syukurilah apapun
yang kita punya.
4.
Melakukan penilaian
hasil belajar
5.
Mengajaksemuasiswaberdo’amenurut
agama dankeyakinanmasing-masing
6.
Mengamatisikapsiswadalamberdo’a
(sikapduduknya, caramembacanya,caramelafalkannyadsb)
7.
Apabilaadasiswa
yang kurangbenardankurangsempurnadalamberdo’a, makasetelahselesaikegiatanberdo’a,
langsungdiberinasehat agar besokkalauberdoalebihdisempurnakan
|
25 Menit
|
G. Sumber Dan Media
1. Kurikulum 2013
2. Diri anak
3. Lingkungan keluarga/rumah
4. Lingkungan sekolah
5. Buku tematik kelas 1 SD
6. Gambar lambang negara
7. Foto siswa saat masih bayi atau balita
(ingatkan siswa untuk membawa foto pada pertemuan sebelumnya).
8. Benda-benda seperti bola plastik, permen, dan
stik es krim sebanyak 40 buah.
Penilaian:
1.
Unjuk
kerja
Bercerita
tentang Masa Kecil
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu Bimbingan
1
|
1.
|
Penggunaan bahasa
|
Siswa mampu menceritakan kembali isi foto yang dibawa dengan
mengggunakan bahasa Indonesia yang baik
|
Siswa mampu menceritakan kembali isi foto yang dibawa dengan
mengggunakan bahasa Indonesia dan sesekali diselingi dengan penggunaan bahasa
daerah
|
Siswa mampu menceritakan kembali isi foto yang dibawa dengan
mengggunakan bahasa Indonesia, tetapi masih lebih banyak menggunakan bahasa
daerah
|
Siswa menceritakan kembali isi foto yang dibawa dengan bantuan
penuh dari guru
|
Keterangan Skor:
Maksimal=12
Skor perolehan
Nilai = X 100
Skor Ideal
2.
Latihan
tertulis (lembar kerja di buku siswa)
a.
Setiap
soal yang benar mendapatkan 2 poin.
b.
Total
skor: 2 x 5 = 10.
3.
Observasi
Lembar Pengamatan Diskusi
No.
|
Nama
|
Penilaian
|
|||||||||||
Partisipasi
dalam mengemukakan pendapat
|
Partisipasi
dalam bertanya
|
Partisipasi
dalam menjawab pertanyaan
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Citra
Putri
|
|
v
|
|
|
|
v
|
|
v
|
|
|
|
v
|
2.
|
Fitri
Lastri
|
|
|
v
|
|
|
|
|
v
|
|
v
|
|
|
3.
|
Joko
|
|
|
|
v
|
|
|
|
v
|
|
|
|
v
|
Keterangan:
1
: Kurang
2
: Cukup
3
: Baik
4
: Baik Sekali
Uraian
Materi (Lampiran 1)
Pengalaman
Masa Kecil
Joko
menceritakan foto masa kecilnya. Foto saat Joko ikut lomba mewarnai. Joko
sempat merasa cemas. Ayah dan Ibu Joko menemani joko. Joko mendapat hadiah buku
dan pensil. Joko senang sekali.
Pengalaman
Joko berbeda dengan Edo. Edo merayakan ulang tahun yang kelima di panti asuhan.
Di panti asuhan Edo punya beberapa mainan bola. Edo sering menghitungnya. Bola
Edo sedikit daripada temannya. Edo sangat sedih. Ibu guru menasehati Edo. Edo
harus tetap bersyukur. Bersyukur pada
Tuhan adalah penerapan dari sila pertama Pancasila.
Dibawah ini adalah
gambar bentuk-bentuk kue.
Ada yang berbentuk
Lingkari setiap 10 bentuk kue .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.